DESAIN GRAFIS MATEMATIKA BERBASIS GOLDEN RATIO

ABSTRAK

Banyak orang yang sudah masuk ke dunia indsutri ekonomi kreatif namun belum paham konsep dasar dalam hal tersebut. Kami membuat artikel ini untuk menambah pengetahuan orang tentang arti desain grafis yang erat kaitannya dengan matematika khususnya pada golden ratio. Artikel yang kami buat mengambil data melalui metode kajian pustaka. Kami mengambil dari berbagai sumber pustaka baik dari jurnal, artikel, maupun artikel di website. Hasil kajian pustaka kami memperoleh beberapa intisari. Definisi desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Rasio emas (simbol adalah huruf Yunani “phi” yang ditunjukkan di sebelah kiri) adalah nomor khusus kira-kira sama dengan 1,618.

PENDAHULUAN

Pada zaman sekarang industri ekonomi kreatif mempunyai perkembangan yang sangat cepat. Salah satu cabang dari ekonomi kreatif adalah desain grafis. Desain grafis memiliki nilai yang tinggi di zaman sekarang. Pembuatan pamflet kegiatan, iklan, backdrop suatu acara, banner, dan lainnya tidak lepas dari desain grafis. Untuk menambah pengetahuan orang-orang tentang desain grafis penulis membuat artikel ilmiah ini.

Banyak orang yang sudah masuk ke dunia indsutri ekonomi kreatif namun belum paham konsep dasar dalam hal tersebut. Kami membuat artikel ini untuk menambah pengetahuan orang tentang arti desain grafis yang erat kaitannya dengan matematika khususnya pada golden ratio.

HASIL DAN PEMBAHASAN

Istilah matematika berasal dari perkataan latin mathematica, yang mulanya diambil dari perkataan Yunani mathematike, yang berarti reating to learning. Kata tersebut mempunyai akar kata mathema yang berarti pengetahuan atau ilmu. Beberapa ahli mendefinisikan tentang matematika, diantaranya: 1) Menurut Russefendi (1972), matematika itu terorganisir dari unsur-unsur yang tidak didefinisikan, definisi-definisi, aksioma-aksioma, dan dalil-dalil yang dibuktikan kebenarannya, sehingga matematika disebut sebagai ilmu deduktif. 2) menurut Jame (1976), matematika adalah ilmu tentang logika yang berkaitan dengan bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya yang terbagi dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri. 3) menurut Johnson dan Rising (1972), matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika adalah suatu bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan secara cermat, jelas, dan akurat, representasinya berupa bahasa simbol mengenai ide. Berdasarkan dari beberapa pendapat para ahli, dapat disimpulkan bahwa matematika berkenaan dengan ide-ide atau konsep-konsep yang yang berkaitan dengan bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya dengan dibuktikan kebenarannya sehingga matematika disebut ilmu deduktif.

Jika dijabarkan berdasarkan masing-masing katanya, desain grafis berasal dari dua suku kata yaitu desain, yang artinya proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafis adalah kombinasi antara, kata-kata, angka, gambar, foto, dan ilustrasi yang dirancang secara kreatif oleh seseorang agar menghasilkan suatu produk yang berguna dalam bidang gambar.

Desain Grafis sendiri merupakan cabang ilmu dari seni desain yang didukung oleh perkembangan komputer dalam membuat sebuah objek. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Proses desain pada umumnya memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun dari desain yang sudah ada sebelumnya.

Seni desain grafis menggabungkan kemampuan kognitif dan keterampilan visual dalam mengkombinasikan  tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Definisi desain grafis adalah salah satu bentuk seni lukis (gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang) untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto, tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan.

Orang yang berkecimpung di dalam dunia desain grafis disebut sebagai Graphic Designer. Graphic Designer bertanggung jawab untuk membuat sebuah desain tampilan agar tampak menarik sehingga dapat digunakan sebagai promosi suatu produk kepada publik. Seorang Graphic Designer harus memiliki keahlian dalam bidang teknologi, sains, seni, sosial dan budaya, filsafat dan etika. Bidang-bidang ini berfungsi untuk mengetahui cakupan hasil karya tertentu agar sesuai dengan target. Selain lima bidang tersebut seorang Graphic Designer juga harus memiliki  kemampuan olah nirmana, yang digunakan untuk membuat karya grafis yang menarik sekaligus memilki fungsi yang sesuai dengan permintaan klien. Kemampuan tak kalah penting yang harus dimiliki oleh Graphic Designer adalah menggunakan software desain grafis, sehingga mampu menerapkan kreasi grafis pada media elektronik agar dapat dibuat secara masal dan untuk kebutuhan klien lainnya. (School, 2014). Rasio emas (simbol adalah huruf Yunani “phi” yang ditunjukkan di gambar 1) adalah nomor khusus kira-kira sama dengan 1,618.

Lambang phi
Golden rectangle
Parthenon di Yunani

Itu muncul berkali-kali dalam bidang geometri, seni, arsitektur dan bidang lainnya. Persegi panjang ini dibuat dengan menggunakan Rasio Emas, Tampak seperti bingkai khas untuk sebuah lukisan, bukan? Beberapa seniman dan arsitek percaya Rasio Emas membuat bentuk yang paling menyenangkan dan indah. Banyak bangunan dan karya seni memiliki Rasio Emas di dalamnya, seperti Parthenon di Yunani, tetapi tidak benar-benar diketahui jika itu dirancang seperti itu (Fun, 2015).

Rasio emas adalah proporsi φ: 1, di mana φ ≈ 1.61803399. Ini banyak ditemukan dalam fenomena matematika (misal Deret Fibonacci) serta berbagai fenomena alam dan budaya seperti proporsi manusia, arsitektur, seni visual dan musik (Frater & Duthie, 2016, hal. 15). Rasio emas hadir dalam berbagai sifat organisme (Mitchison 1977, Douady dan Couder 1992) dan mewakili benang merah di antara pola dalam struktur organisme. Sangat menarik bahwa rasio ini, yang menentukan bentuk optimal, juga dapat menyebabkan pola penskalaan yang konsisten pada rasio percabangan yang konstan. (Frater & Duthie, 2016, hal. 18).

Deret Fibonacci adalah serangkaian angka: 0, 1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34, … Angka berikutnya ditemukan dengan menjumlahkan dua angka sebelumnya. (Fun, 2015)

Deret Fibonacci dalam Rasio Emas

Golden ratio banyak ditemukan di fenomena alam seperti bentuk suatu galaksi, bentuk wajah, sidik jari, dan lain-lain. Golden ratio juga digunakan dalam hal tata letak surat kabar. Surat kabar jika didesain menggunakan golden ratio maka akan terlihat susunan yang enak dipandang. Selain itu golden ratio digunakan oleh para fotografer untuk mengambil suatu objek fotografi yang luar biasa.

SIMPULAN

Desain grafis berasal dari dua suku kata yaitu desain, yang artinya proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi desain grafis adalah kombinasi antara, kata-kata, angka, gambar, foto, dan ilustrasi yang dirancang secara kreatif oleh seseorang agar menghasilkan suatu produk yang berguna dalam bidang gambar.

Rasio emas (simbol adalah huruf Yunani “phi” yang ditunjukkan di sebelah kiri) adalah nomor khusus kira-kira sama dengan 1,618. Itu muncul berkali-kali dalam bidang geometri, seni, arsitektur dan bidang lainnya.

(Visited 3 times, 1 visits today)

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *