Perbedaan Grafis Vektor dengan Grafis Bitmap

Grafis Vektor

Sebuah gambar yang dibentuk dari kombinasi titik dan garis dengan menggunakan rumusan tertentu sehingga menghasilkan sebuah objek dua dimensi. Kegiatan mengolah vektor disebut illustrating atau vectoring.

Untuk membuat grafis jenis vektor membutuhkan ruang RAM computer yang lebih kecil dan juga ruang penyimpanan hard disk yang lebih sedikit, karena file grafis vektor berukuran lebih kecil. Beberapa jenis file vektor adalah : cdr, eps, wmf, pict, svg, dll.

Aplikasi atau software pengolah grafis vektor adalah : CorelDraw, Adobe Illustrator, Macromedia FreeHand, Beneba Canvas, dll.

Contoh Grafis Vektor

Grafis Bitmap

Sebuah gambar yang dibentuk dari kumpulan titik dan kombinasi piksel warna yang nantinya membentuk sebuah tampilan gambar utuh. Kegiatan olah grafis jenis bitmap ini disebut retouching.

Untuk membuat grafis jenis bitmap membutuhkan ruang RAM computer yang lebih besar dan juga ruang penyimpanan hard disk yang lebih besar, karena file grafis bitmap berukuran lebih besar daripada vektor. Beberapa jenis file bitmap adalah : jpg, jpeg, bmp, gif, pcx, dll.

Aplikasi atau software pengolah grafis bitmap adalah : Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Macromedia Xres, Ms. Photo Editor, Photoscape, dll.

Contoh Grafis Bitmap

Materi ini saya dapatkan dari Scout Journalist Class yang disampaikan oleh Kak Sandy N. Lazuardi
di UIN Sunan Gunung Jati, Bandung Tahun 2019

Facebook Comments

Leave a Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *